Diklat PMR WIRA Tahun 2023
Bekali Pengetahuan dan Keterampilan, SMAN 1 Plemahan Laksanakan Diklat PMR WIRA Tahun 2023

By Admin-SMAPA 13 Mar 2023, 12:41:01 WIB Umum
Diklat PMR WIRA Tahun 2023

Gambar : Diklat PMR WIRA Tahun 2023 di SMA Negeri 1 Plemahan tgl 4 sd 5 Maret 2023


Dalam rangka membekali anggota PMR WIRA SMAN 1 Plemahan dengan pengetahuan dan keterampilan, maka SMAN 1  Plemahan melaksanakan kegiatan Diklat PMR WIRA SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Diklat PMR WIRA SMAN 1 Plemahan yang diikuti oleh 35 anggota PMR ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 4 -5 Maret 2023. Sesuai dengan tema diklat yaitu “Mewujudkan Relawan Muda yang Tanggap, Berjiwa Sosial Tinggi, Loyal dan Berintegritas”, peserta Diklat PMR SMAN 1 Plemahan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Diklat dengan penuh semangat.

Sesuai dengan materi diklat yang berupa teori dan praktik, maka Diklat dilaksanakan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Materi yang bersifat teoretis dilaksanakan di dalam ruangan kelas, sementara materi yang bersifat praktik lapangan dilaksanakan di GOR SMAPA dan di lapangan Belakang.

            Pemateri pada kegiatan Diklat PMR WIRA SMAN 1 Plemahan ini terdiri dari Pelatih PMI Kabupaten Kediri sesuai bidangnya dan juga melibatkan Pelatih Pramuka untuk Materi Pasang Bongkar Tenda. Pelatih PMI yang dimaksud yaitu Robby Pratama, S.Pd,, Fithriyah, M.Pd. dan Asmono, S.Pd. Sementara Pelatih Pramuka yaitu Khoirul Anam, S.Pd 

 

Berikut ini Materi yang diajarkan dan dilatihkan pada peserta Diklat:

Kepalangmerahan, disampaikan oleh Pak Robby Pratama, S.Pd.  

Anggota PMR perlu memahami Sejarah Gerakan palang Merah Internasional dan Palang Merah Indonesia karena PMR merupakan bagian dari Palang Merah. Palang Merah adalah organisasi yang bersifat sosial yang bergerak di bidang kemanusiaan, berlandaskan prinsip-prinsip palang Merah sesuai dengan Konvesi Jenewa dan protokol tambahan pada tahun 1977. Prinsip-prinsip palang Merah yang dimaksud terdiri dari 7 (tujuh) prinsip Palang Merah yang dikenal dengan Sapta Prinsp palang Merah, yaitu terdiri dari Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan. Palang Merah bertugas/bergerak pada masa damai maupun pada masa perang. Pada Masa damai, palang Merah memberikan Pembinaan di bidang Kesehatan serta ikut membantu menunjang Program Pemerintah dan memberikan ppelatihan tenaga palang Merah dan menyiagakan bila terjadi perang atau bencana alam. Pada masa perang, tugasnya adalah mengawasi serta memberikan pelayanan tehadap korban dan tawanan perang.

 

Kepemimpinan, disampaikan oleh Robby Pratama, S.Pd.

Untuk memberikan bekal pengetahuan tentang keorganisasian, maka materi kepemimpinan dalam organisasi PMI/PMR perlu diberikan kepada anggota PMR. Dalam materi ini dipelajari tentang struktur organisasi Palang Merah Tingkat Nasional hingga Palang Merah tingkat kecamatan dan juga di satuan pendidikan dalam organisasi binaan berupa PMR. PMR di satuan pendidikan terdiri dari 3 tingkatan, yaitu PMR Mula (SD/MI), Madya (SMP/Mts) dan Wira (SMA/MA/SMK).

 

Sanitasi Kesehatan/Perawatan Keluarga, disampaikan oleh Fithriyah, M.Pd.

Sanitasi Kesehatan mempelajari tentang kesehatan diri dan lingkungan, termasuk di dalamnya mempelajari tentang perawatan anggota keluarga yang sakit di rumah. Materi ini sangat penting agar anggota PMR dapat memahami kesehatan diri dan lingkungan serta dapat merawat anggota keluarga apabila ada anggota keluarga yang sakit di rumah. Perasat perawatan keluarga yang dipelajari meliputi menata tempat tidur si sakit, membantu mengukur suhu, nadi dan nafas si sakit, membantu si sakit BAB (buang air besar dan BAK ( buang air kecil) serta memandikan si sakit.

 

Pasang Bongkar Tenda, disampaikan oleh Khoirul Anam, S.Pd.I.

Teknik memasang/mendirikan dan membongkar tenda wajib dipelajari oleh anggota PMR, karena pada saat Lomba maupun saat bertugas menjadi relawan, maka anggota PMR harus dapat mendirikan dan membongkar tenda. Materi ini dilaksanakan dalam kegiatan praktik langsung mendirikan dan membongkar tenda di lapangan belakang.

 

Pertolongan Pertama, disampaikan oleh Asmono, S.Pd.

Materi ini merupakan materi yang wajib dikuasai oleh anggota PMR dalam melaksanakan tugas keseharian, misalnya saat menjadi Tim Kesehatan dalam Upacara Bendera setiap hari Senin atau kegiatan lainnya di sekolah. Materi ini dilaksanakan melalui praktik langsung di GOR SMAPA.

 

Dapur Umum

Materi ini tidak disampaikan secara klasikal, namun langsung dipraktikkan oleh Tim Dapur Umum. Mereka memasak nasi dan lauk pauk. Hasil masakan mereka digunakan sebagai konsumsi hari kedua Diklat PMR Wira SMAN 1 Plemahan.

 

Selain materi inti yang telah disampaikan, kegiatan Diklat juga diselingi dengan kegiatan Senam bersama pada hari Minggu pagi serta ada Pentas Seni di Minggu siang. Pentas Seni ini juga dihadiri oleh perwakilan PMR Wira dari sekolah-sekolah lainnya, yaitu dari PMR SMAN 2 Pare, SMAN 1 Pare, SMAN Purwoasri, SMAN Papar, SMAN Gurah SMK Pawiyatan Dhaha dan SMK Bakti Mulia Pare.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Fithriyah 13 Mar 2023, 13:41:18 WIB

    mantap ????

View all comments

Write a comment