Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Kurikulum Merdeka
Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Kurikulum Merdeka tgl. 9, 10 dan 12 Maret 2023 di SMA Negeri 1 Plemahan

By Admin-SMAPA 15 Mar 2023, 13:11:24 WIB Umum
Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Kurikulum Merdeka

Gambar : Sambutan Kepala SMA Negeri 1 Plemahan Bpk. Suyud Prambudi, S. Sos


Pada tangal 9 sampai dengan 11 maret 2023 kemarin SMA Negeri 1 Plemahan telah melaksanakan Workshop Peningkatan kompetensi guru dalam kurikulum merdeka . Kurikulum Merdeka adalah salah satu kebijakan pendidikan yang baru di Indonesia, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global dan memiliki karakter yang kuat. Pada kurikulum ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Untuk memastikan bahwa guru memiliki kompetensi yang cukup dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, maka diperlukan pelatihan dan workshop yang fokus pada peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Workshop ini bertujuan untuk membantu guru dalam memahami konsep dan strategi yang terkait dengan kurikulum merdeka.

Berikut ini beberapa topik yang bisa dibahas dalam workshop peningkatan kompetensi guru dalam kurikulum merdeka:

Konsep Kurikulum Merdeka
Guru perlu memahami dengan baik konsep dan tujuan dari kurikulum merdeka. Hal ini meliputi pemahaman tentang prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menjadi dasar kurikulum ini, serta strategi pembelajaran yang digunakan.

Desain Pembelajaran
Guru perlu memiliki keterampilan dalam merancang pembelajaran yang efektif dan bermakna untuk siswa. Hal ini meliputi pemilihan bahan ajar yang tepat, penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan pengembangan instrumen evaluasi yang akurat.

Pemahaman tentang Keterampilan Abad ke-21
Keterampilan abad ke-21 merupakan keterampilan yang sangat penting bagi siswa untuk bersaing secara global di masa depan. Oleh karena itu, guru perlu memahami dengan baik tentang keterampilan abad ke-21 dan cara mengembangkan keterampilan tersebut pada siswa.

Pembelajaran Berbasis Proyek
Pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam kurikulum merdeka. Guru perlu memahami konsep dan prinsip pembelajaran berbasis proyek, serta bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran.

Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran
Teknologi merupakan salah satu alat yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam mempelajari materi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu, guru perlu memahami bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran, serta keuntungan dan kerugian dari penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran sangat penting untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Guru perlu memahami bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang akurat dan objektif, serta cara menerapkannya dalam pembelajaran.

Dalam workshop peningkatan kompetensi guru dalam kurikulum merdeka, para peserta akan belajar tentang konsep-konsep dasar yang terkait dengan kurikulum merdeka dan bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran. Selain itu, peserta juga akan belajar tentang berbagai strategi pembelajaran yang dapat unakan dalam kurikulum merdeka, termasuk pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Workshop ini juga akan membantu guru dalam memahami keterampilan abad ke-21 dan cara mengembangkannya pada siswa. Dengan pemahaman yang baik tentang keterampilan abad ke-21, guru dapat membantu siswa mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik.

Selain itu, peserta juga akan belajar tentang evaluasi pembelajaran dan bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang akurat dan objektif. Evaluasi pembelajaran sangat penting untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Dalam workshop ini, guru juga akan diajarkan bagaimana menerapkan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan memperkuat karakter siswa.

Dalam pelaksanaan workshop peningkatan kompetensi guru dalam kurikulum merdeka, perlu ada kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan para guru. Pemerintah dan lembaga pendidikan dapat memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk pelaksanaan workshop, sedangkan para guru dapat memperoleh manfaat dari workshop ini untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas.

Dalam rangka mencapai tujuan kurikulum merdeka, peningkatan kompetensi guru sangat penting. Workshop peningkatan kompetensi guru dalam kurikulum merdeka dapat menjadi solusi untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan masa depan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment